Minggu, 03 Mei 2015

Cara Ternak Tikus Putih

Langkah pertama yang harus diketahui sebelum

ternak tikus putih

adalah mengetahui cara memelihara tikus putih yang baik dan benar. Tikus putih (mus musculus) adalah jenis pakan terbaik untuk berbagai macam peliharaan baik itu BOP (burung pemangsa), ular, dan juga umum digunakan untuk penelitian. Karena banyaknya kegunaan tersebut, ternak tikus putih adalah ide bagus untuk berinvestasi.

Cara Ternak Tikus Putih

Sebenarnya, cara ternak tikus putih tidak jauh beda dengan memelihara landak mini atau memelihara hamster. Hal utama dalam memelihara tikus putih atau menternakkan tikus putih adalah kebersihan kandang, ketersediaan pakan, dan suhu udara yang pas.

Dan berikut adalah cara memelihara tikus putih yang dirangkum dalam artikel cara menernakkan tikus putih ini.
  1. Seperti yang dikemukakan diatas, kebutuhan dasar dalam memelihara tikus putih adalah kebersihan kandang, ketersediaan pakan, dan suhu udara yang pas alias tidak terlalu tinggi atau terlalu dingin. Kandang tikus putih tempat memelihara tikus putih dan menernakkan tikus putih bisa berupa container box, akuarium kaca lebar yang diberi sekat-sekat agar bisa menampung tikus putih yang lebih banyak, atau kandang buatan yang dibuat dari kayu. Anda juga bisa menggunakan lemari plastik yang memiliki banyak laci yang banyak dijual di pasaran. Sebaiknya, kandang yang digunakan tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit. Untuk tempat makan, anda bisa menggunakan wadah untuk tempat makan hamster yang agak besar, dan untuk tempat minum untuk kandang tikus putih anda bisa menggunakan botol minum untuk hamster. Kedua alat tersebut bisa dibeli di toko perlengkapan hewan atau di toko makanan burung.
  2. Jika anda berniat menernakkan tikus putih, langkah pertama dalam menternakkan tikus putih adalah memilih indukan. Anda bisa memilih indukan tikus putih jantan dan indukan tikus putih betina. Cara membedakan tikus putih jantan dan tikus putih betina adalah adanya 'buah zakar' di badan tikus putih jantan, sedangkan di tikus putih betina tidak ada buah zakar tersebut. Umur indukan tikus putih yang pas untuk dijadikan indukan adalah yang berusia diatas 2 bulan. Pilih 1 ekor tikus putih pejantan dan 3 ekor tikus putih betina, kemudian satukan empat ekor indukan dalam satu kandang perkawinan, lalu observasi tikus tersebut di dalam kandang perkawinan selama satu minggu sambil terus diberi makan dan minum. Makanan untuk tikus putih yang dipelihara adalah pur ayam, dan air minum yang digunakan untuk tikus putih adalah air mineral.
  3. Jika proses perkawinan indukan tikus putih berjalan lancar, dalam jangka waktu satu minggu, anda akan melihat perubahan bentuk perut salahsatu indukan tikus putih betina menjadi lebih besar. Segera pisahkan indukan betina tersebut ke kandang yang baru dan pastikan persediaan makan dan minum selalu tersedia di kandang tersebut.
  4. Hal selanjutnya yang harus tetap anda lakukan adalah memastikan persediaan makan dan minum di kandang tersebut dan biarkan induk betina tikus putih menjalankan 'tugasnya' sesuai dengan instingnya. Anakan tikus putih bisa dipisahkan dari induknya saat berusia tiga minggu dan sudah bisa makan sendiri. Dalam usia 2 bulan atau lebih, anakan tikus putih bisa dikawinkan lagi dengan tikus putih lain yang tidak sedarah dengannya.
Demikian adalah cara menernakkan tikus putih, cara menternakkan tikus putih, atau cara memelihara tikus putih. Saya menunggu saran, kritik, serta komentar anda untuk artikel ini. Saya akan membalas setiap komentar yang ditulis sesegera mungkin. Terima kasih banyak. (FS)

sumber : http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/03/cara-ternak-tikus-putih.html
baca juga 10 fakta unik tentang trenggiling disinih

hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.comment-content a {display: none;}