Sabtu, 02 Mei 2015

Sindikat Perdagangan Trenggiling Ilegal di Medan Terbongkar


Sindikat Perdagangan Trenggiling Ilegal di Medan Terbongkar
TEMPO/Subekti
TEMPO.CO, Medan - Polisi gabungan dari Markas Besar Kepolisian RI dan Kepolisian Daerah Sumatera Utara dipimpin Ajun Komisaris Besar Sugeng Irianto membongkar sindikat perdagangan daging trenggiling (Manis javanica). Satwa yang dilindungi itu ditemukan polisi dalam sebuah gudang di Kompleks Pergudangan Niaga Malindo I, Kawasan Industri Medan I Mabar Belawan, Kamis petang.

Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara Komisaris Besar Helfi Assegaf mengatakan, penggerebekan yang dilakukan tim gabungan berhasil menemukan barang bukti berupa trenggiling yang sudah dikuliti sekitar tiga ton dan sudah dikemas. Selain itu, polisi menyita 16 peti trenggiling yang sudah dikuliti tapi belum dikemas, 26 karung trenggiling rusak, serta 1 unit timbangan digital.

"Semua barang bukti satwa yang dilindungi itu ditemukan dalam gudang," kata Helfi kepada Tempo, Jumat, 24 April 2015.

Penemuan gudang perdagangan trenggiling yang dilindungi itu, kata Helfi, menambah deretan kasus perdagangan satwa yang dilindungi. Sebelumnya petugas Dinas Kehutanan pernah menggerebek tempat penampungan daging trenggiling di Kawasan Industri Medan.

Pelaku dan siapa saja yang terlibat dalam perdagangan trenggiling, ujar Helfi, akan dijerat dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. "Polisi akan menjerat tersangka perdagangan satwa yang dilindungi dengan Pasal 21 ayat 2 juncto Pasal 40 ayat 2 UU Nomor 5/1990," kata Helfi.

Dalam kasus perdagangan trenggiling ini, kata Helfi, penyidik menetapkan satu tersangka yakni Soemiarto Boediono Alias Abeng. "Dia akan dijerat dengan 2 UU Nomor 5/1990. Selain Aleng, polisi masih mengembangkan kasus ini," ujar Helfi.

Dari pengakuan tersangka, daging trenggiling akan dijual keluar negeri. Bahkan ada yang sampai ke Rusia.
sumber : http://www.tempo.co/read/news/2015/04/24/078660687/Sindikat-Perdagangan-Trenggiling-Ilegal-di-Medan-Terbongkar
baca juga tentang 10 fakta unik trenggiling disinih

hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-

1 komentar:

  1. When the long journey by plane, what can you do if you are bored with the entertainment offered by the airline
    suksestoto

    BalasHapus

.comment-content a {display: none;}